0

Ketahui Gejala Cacar Air Pada Anak dan Cara Pencegahannya Berikut Ini!

Anda mengenal penyakit cacar air ? Ya, akhir-akhir ini banyak sekali para ibu yang mengeluhkan terjadinya pada anak dan anggota keluarganya. Banyak yang mengatakan bahwa penyakit tersebut adalah musiman, menular dan lain sebagainya. Kalau dilihat secara medis sendiri penyakit tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri yang menempel pada kulit yang dapat membuat ruam atau bintik-bintik gatal seperti melepuh. Sebagai orang tua jika melihat anak menderita sakit seperti itu pasti tidak tega, apalagi sering waktu munculnya ruam disertai juga oleh panas badan dan pusing pada bagian kepala.

Seperti dari beberapa keterangan medis memang cacar menular, apalagi jika terkena cairan melepuh yang sedang menderita. Jadi tidak heran jika satu keluarga terkena cacar pasti anggota keluarga lainnya kemungkinan besar bisa terjangkit. Untuk lebih mudahnya lebih baik Anda kenali gejala awal penyakit cacar yaitu:

  1. Pertama terserang penyakit cacar tidak ada tanda-tanda khusus karena hanya penderita hanya mengalami demam dan sakit pada bagian kepala. Hal itu hanya dirasakan pada orang dewasa saja tetapi jika yang terjangkit penyakit anak kecil pasti akan sulit untuk merasakan hal tersebut. Tanda demam dan pusing muncul kurang lebih 10 sampai dengan 20 hari setelah terserang penyakit.
  2. Setelah tanda pertama dirasakan, Anda akan melihat munculnya bintik-bintik merah dibagian kulit. Dan lama kelamaan bintik tersebut membesar dan seperti terisi dengan air yang memerah, pada saat itulah kondisi seluruh badan terasa gatal-gatal.
  3. Jika memang Anda segera melakukan pengobatan pasti benjolan-benjolan tersebut akan mengering dan kembali seperti semula dalam waktu yang tidak begitu lama.

Nah, jika Anda mengalami gejala yang seperti telah dijelaskan diatas tidak perlu merasa terlalu panik. Karena cacar air yang menyerang anak Anda tersebut bisa diatasi dengan beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Mengkompres kulit yang melepuh tersebut dengan air hangat, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa gatal. Karena gatal yang berlebihan dan digaruk oleh anak pasti benjolan akan mengelupas dan mengeluarkan cairan yang menyebabkan benjolan baru muncul lagi.
  2. Periksakan ke dokter supaya lebih cepat mendapatkan penanganan medis dengan cepat.
  3. Untuk sementara hindarkan anak berinteraksi dengan orang lain supaya tidak mengakibatkan penyakit yang menular.
  4. Jangan lupa untuk selalu perhatikan konsumsi air putih supaya mengurangi dehidrasi yang dialami.
  5. Pilih pakaian yang mempunyai bahan lembut sehingga mudah membuat kulit semakin iritasi.

Dengan beberapa langkah tersebut kemungkinan besar sakit cacar yang menyerang anak Anda tersebut akan segera sembuh. Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang menempel pada kulit. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa kurangnya kebersihan diri sehingga bakteri dapat membuat kulit iritasi dan mengalami penyakit cacar. Jadi supaya terhindar dari penyakit tersebut Anda bisa mulai dari kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kemudian gunakan produk mandi atau kebersihan yang memang terpercaya.

Lifebuoy adalah solusi tepat untuk Anda dan keluarga supaya terhindar dari berbagai masalah kebersihan kulit. Tersedia dalam sabun batang, cair dan juga antibakteri yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kandungan anti bakteri dalam sabun bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya cacar air baik pada anak ataupun anggota keluarga Anda lainnya. Bersihkan tangan dan tubuh secara rutin supaya terhindar dari virus pengancam kesehatan. Pada intinya segala jenis masalah kesehatan itu lebih kepada kebersihan yang kurang terjaga baik.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *