0

Mengenal Bisnis B2B dan Tipe Bisnisnya yang Bisa Dijalankan

Diantara banyaknya tipe e-commerce di Indonesia, ada satu tipe yang sangat bagus digunakan oleh suatu badan usaha atau pelaku bisnis, yaitu B2B. Jenis e-commerce yang namanya terbentuk dari Business to Business ini, menjadikan suatu badan usaha, serta instansi pemerintahan sebagai partnernya. Bermitra dengan e-commerce penyedia layanan ini, akan sangat membantu usaha Anda.
Apa itu Business to Business dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Business to Business atau disingkat dengan B2B, merupakan salah satu tipe layanan yang diberikan oleh sebuah e-commerce. Jika di Indonesia, Anda bisa menemukan layanan ini di situs jual beli Blibli.com. Dari namanya saja, bisa diketahui bahwa yang menjadi pelaku dalam layanan ini adalah satu pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya, Jadi pembelian tak dilakukan perorangan.

Nah, khusus di e-commerce seperti Blibli.com, yang menjadi pelaku dalam transaksi jual beli adalah Blibli.com dengan beberapa jenis golongan mitra. Mitranya bisa merupakan badan usaha dari banyak sektor berbeda, bank, dan juga instansi pemerintahan. Jadi, jual beli yang dilakukan, jauh berbeda dengan jual beli antara e-commerce dengan perorangan yang selama ini dikenal luas.
Keuntungan yang Ditawarkan Layanan Business to Business

Sama dengan layanan pembelian untuk perorangan, layanan Business to Business pada sebuah eCommmerce juga menawarkan beragam keuntungan pada mitranya. Misalnya saja di Blibli.com, ada 6 keuntungan yang ditawarkan pada instansi yang menjalin kemitraan. Keuntungan dilihat dari segi harga, cara pembayaran, pengiriman, purna jual, kualitas produk, dan jumlah pesanan.

Bagi para mitra, ada harga khusus yang ditawarkan . Alhasil, harga pembelian bisa berada di bawah harga pasaran pada umumnya. Pengiriman pun dijamin akan lancar, karena e-commerce seperti Blibli.com mempunyai tim logistiknya sendiri yaitu Blibli Express Service. Bahkan, Blibli.com pun menjalin mitra dengan tim logistik lain untuk memperlancar pengiriman ke seluruh Indonesia.

Tipe Bisnis yang Dijalankan dalam Layanan B2B

Secara umum, ada 3 tipe bisnis dalam layanan Business to Business yaitu bisnis penjualan barang, jasa, dan bisnis berbasis software. Tipe bisnis yang paling umum dan paling mudah ditemukan adalah penjualan barang. Blibli.com merupakan salah penyedia layanan Business to Business yang identik dengan tipe ini. Fokus jualannya adalah barang yang bisa dilihat keberadaannya.

Blibli.com sebagai salah satu penyedia layanan ini memiliki lebih dari 1.5 juta produk dari beragam brand dan merchant ternama yang berkualitas. Di antara produk unggulannya tersebut adalah ponsel, komputer, alat elektronik, kamera, alat kantor, dan emas. Mengingat banyaknya produk yang ada, tentu para pelanggan tak akan kecewa jika menjalin kemitraan dengan Blibli.com.

Untuk tipe layanan jasa, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pelayanan seperti menjawab panggilan masuk, pemasaran, atau desain grafis. Pokoknya, semua hal yang berkaitan dengan penggunaan jasa. Tentu saja besaran biayanya, didasarkan atas berat atau tidaknya jenis layanan jasa yang Anda pakai. Jika lumayan menguras tenaga, maka biayanya akan semakin tinggi.

Terakhir, ada tipe layanan Business to Business yang berbasiskan software atau piranti lunak. Tipe layanan ini mungkin belum terlalu dikenal luas, terutama untuk masyarakat awam. Layanan yang ditawarkan pada calon mitra berupa kesempatan berlangganan dengan suatu jenis software yang dibutuhkan oleh bisnis atau instansi mereka.

Itulah tadi sedikit perkenalan mengenai layanan B2B atau Business to Business yang ditawarkan oleh pihak e-commerce. Jika Anda tertarik dengan penawaran yang diberikan jenis layanan ini, jangan ragu untuk menjalin mitra dengan pelaku e-commerce B2B di Indonesia, yaitu Blibli.com. Blibli.com menjamin kepuasan perihal barang yang Anda beli untuk usaha atau instansi Anda.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *