0

4 Cara “Bertahan Hidup” Sebelum Gajian

Ketika mendapatkan gaji, apakah yang pertama kali anda pikirkan? Tentunya yang anda pikirkan wacana segala hal yang anda perlukan segera bukan? Seperti belanja kebutuhan pokok, pulsa, listrik, tagihan kartu kredit, baju baru, atau bahkan membeli barang-barang yang sebelumnya belum anda rencanakan. Hal semacam ini niscaya tidak cuma dialami orang-orang tertentu saja, namun hampir sebagian besar orang juga pernah mengalaminya.

Segala sesuatu yang serba modern menyerupai kini ini, ada beberapa orang yang kehabisan uang padahal gajian masih jauh. Hal ini mengatakan bahwa anda belum bisa mengelola keuangan anda secara bijak. Dengan begitu, anda akan terpaksa mengambil uang tabungan yang sudah anda simpan untuk keperluan masa depan anda. Seiring dengan perjalanan waktu, mulailah anda sadar bahwa pengeluaran anda sangat besar dibandingkan dengan pemasukan anda sebagaimana yang telah dikutip dari Karir.com berikut ini :

1. Kendalikan Diri Anda

Yang harus anda lakukan sehabis anda mendapatkan honor yaitu mencoba untuk mengendalikan diri. Janganlah anda menjadi orang yang konsumtif dan anda seharusnya bisa mengendalikan diri anda. Ingatlah! Sesudah anda mendapatkan upah atau gaji, bukan berarti uang yang anda terima tersebut digunakan untuk bersenang-senang, akan tetapi harusnya anda bisa menerapkan contoh berfikir bahwa uang honor itu haruslah digunakan secara bijaksana. Contohnya anda harus membayar uang kos, membayar tagihan listrik, berbelanja kebutuhan pribadi, sampai untuk uang makan anda selama sebulan. Tindakan anda ini dibutuhkan akan bisa meredam harapan anda supaya anda tidak terburu-buru menghabiskan honor dalam waktu sekejab dan berpikir ulang sebelum anda menerapkan gaya hidup yang sehat.

2. Milikilah Rekening Yang Khusus

Anda harus memastikan diri anda untuk mempunyai dua buah rekening. Mengapa demikian? Hal ini dimaksudkan untuk membantu anda didalam mengelola honor setiap bulannya. Rekening anda yang pertama bisa anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan sekening satunya lagi bisa digunakan untuk tabungan anda. Yang harus anda ingat! Jangan ganggu gugat rekening tabungan anda apalagi hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Jangan Membeli Barang Dengan Cara Kredit

Jangan heran kalau setiap ketika selalu ada saja produk-produk gres yang keluar, baik itu kendaraan bermotor maupun barang-barang elektronik.
Nah, pada ketika menyerupai ini seharusnya anda bisa menghindari godaan-godaan ini dan bisa menolak. Sebab kalau anda memaksakan diri untuk membelinya secara kredit, maka bersiaplah untuk merogoh kocek lebih banyak lantaran cicilannya terbilang cukup besar dan bungannya juga sangat besar.

4. Siapkanlah Anggaran Bulanan Anda

Setiap bulannya anda perlu menciptakan anggaran pengeluaran. Inilah langkah sempurna yang mesti anda lakukan biar bisa mengendalikan pengeluaran supaya tidak terbalik dengan pemasukan. Hal pertama yang harus anda lakukan yakni menyisihkan uang untuk tabungan. Minimal 10 persen dari honor anda harus disisihkan. Selepas itu catat kebutuhan apa saja yang anda perlukan dalam sebulan ini.

Demikianlah 4 Cara “Bertahan Hidup” Sebelum Gajian yang akan membuat kita berpikir keras dan berharap banyak agar cepat gajihan. kadang gajian telat maka cara di atas cukup ampuh untuk menghadapinya.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *